Saturday, December 29, 2007

Evaluasi Akhir Tahun


Tiga Fraksi Pendukung Menilai Pemerintah Gagal


Jakarta, Kompas - Kinerja pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla tidak hanya dinilai gagal oleh fraksi partai oposisi, tetapi juga oleh fraksi-fraksi yang merupakan pendukung pemerintah.

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Fraksi Kebangkitan Bangsa, dan Fraksi Bintang Pelopor Demokrasi mengaku kecewa dengan kinerja pemerintah. Padahal, ketiga partai ini juga memiliki kader di Kabinet Indonesia Bersatu.

Evaluasi itu disampaikan dalam diskusi Dialektika Demokrasi yang diadakan Koordinatoriat Wartawan DPR di Gedung DPR, Jumat (28/12).

F-PKS menilai kinerja pemerintahan Yudhoyono-Kalla selama tiga tahun ini dengan rata-rata 5,5. Nilai merah diberikan pada soal penanggulangan kemiskinan dan pembangunan daerah perbatasan dan terisolir (4), mitigasi dan penanggulangan bencana, percepatan pembangunan infrastruktur, serta peningkatan kesempatan kerja, investasi, dan ekspor (5).

Nilai biru diberikan pada soal penegakan hukum dan HAM (6-), revitalisasi pertanian dan pembangunan pedesaan (6+), penguatan kemampuan pertahanan, pemantapan keamanan dan ketertiban serta penyelesaian konflik (7), dan peningkatan aksesibilitas dan kualitas pendidikan dan kesehatan (7).

"Pemerintahan SBY-JK telah kehilangan momentum emas kekuasaannya untuk mengefektifkan program-program pembangunan di berbagai bidang," ucap Ketua F-PKS Mahfudz Siddiq.

Ketua Fraksi Partai Demokrat Syarif Hassan yang juga hadir dalam diskusi langsung membantah itu semua. Menurut Syarif, kinerja pemerintah saat ini cukup baik, tetapi tantangan yang dihadapi pemerintah berat karena saat itu Indonesia sedang berada di titik nadir. (SUT)

No comments:

A r s i p