Wednesday, January 16, 2008

Kesejahteraan Rakyat


Diperlukan Keberpihakan

kepada Masyarakat Lokal

Jakarta, Kompas - Bentuk negara kesatuan tetap memiliki peluang untuk memberikan kesejahteraan kepada rakyat di tingkat lokal. Namun, untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat, diperlukan keberpihakan kepada masyarakat lokal. Keberpihakan itu bukan formalitas, tetapi harus diberikan dalam bentuk konkret.

Hal ini disampaikan Direktur Eksekutif Reform Institute Yudi Latif di Jakarta, Senin (14/1) di Jakarta. "Namun, tetap dibutuhkan perhatian yang besar dari pemerintah agar transformasi dari sistem sentralistis ke sistem yang memberikan alokasi kepada masyarakat lokal lebih banyak bisa terwujud," ujarnya.

Menurut Yudi, ketimbang memikirkan bentuk negara yang pas untuk Indonesia, lebih baik memikirkan substansi yang dibutuhkan masyarakat lokal. "Masyarakat membutuhkan aktualisasi diri yang lebih besar. Jika ini bisa dilakukan, itu akan memperkuat kesatuan nasional," ujarnya.

Menurut Yudi, pluralitas yang ada di masyarakat membutuhkan pengelolaan yang baik. Selain itu, dari sisi ekonomi, masyarakat membutuhkan keadilan dan akses yang seimbang.

Sebelumnya, peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Indra J Piliang dalam peringatan Tahun Baru Islam mengatakan, problem yang dihadapi bangsa saat ini akan bisa ditangani dengan baik jika bangsa Indonesia menjadi negara federal. Pasalnya, Indonesia terlalu luas dan penduduknya amat banyak. (mam)

No comments:

A r s i p