Wednesday, January 9, 2008

Paket RUU Bidang Politik Dijanjikan Segera Rampung


Jakarta, Kompas - Menteri Dalam Negeri Mardiyanto menjanjikan sesegera mungkin menyelesaikan paket rancangan undang-undang bidang politik yang masih menyisakan tiga RUU lagi, yaitu RUU Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD; RUU Pemilihan Presiden; dan RUU Susunan Kedudukan MPR serta DPR dan DPD.

Hal itu dikatakan Mendagri ketika melantik pejabat eselon I di lingkungan Departemen Dalam Negeri, di Jakarta, Senin (7/1) malam.

Saat ini pemerintah dan DPR masih membahas RUU Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD. Sebelumnya, pemerintah dan DPR sudah menyelesaikan Undang-Undang Partai Politik.

"Masih ada RUU dari paket politik yang belum rampung, dan ini merupakan agenda yang mendesak. Sesegera mungkin harus dipacu penyelesaiannya. Kami dengan DPR akan menyelesaikan RUU Pemilu dalam sidang terbatas, yang sudah tiga perempat jalan," ujar Mardiyanto.

Mendagri menegaskan, paket RUU bidang politik ini sangat penting dan menjadi prioritas utama bagi pemerintah mengingat sebentar lagi menjelang persiapan Pemilu 2009. "Karena ini akan menyangkut sistem seperti apa, pemilihan bagaimana, termasuk dalam DPRD, tidak sekaligus, tetapi secara bertahap, kemudian kebutuhan akan menyusul lima tahun lagi," katanya.

Di tempat terpisah, Ketua KPU Abdul Hafiz Anshary mengatakan, apabila paket RUU bidang politik dapat disahkan pada triwulan pertama tahun ini, jajaran KPU harus bersiap-siap dalam empat triwulan berikutnya dipaksa untuk menyelesaikan tiga program besar secara simultan.

Ketiga program itu adalah konsolidasi organisasi dan personel, verifikasi peserta Pemilu 2009, dan inventarisasi infrastruktur Pemilu 2009.

Sementara itu, pejabat eselon I yang dilantik tadi malam adalah Dirjen Otonomi Daerah Kausar Ali Saleh menjadi Dirjen Pemerintahan Umum dan Dirjen Pemerintahan Umum Sodjuangon Situmorang menjadi Dirjen Otonomi Daerah.

Selain itu, juga dilantik mantan Bupati Aceh Utara Tarmizi Karim menjadi Staf Ahli Mendagri Bidang Ekonomi dan Keuangan serta Muhammad Marwan sebagai Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Depdagri. (SIE)

No comments:

A r s i p