Tuesday, September 11, 2007

Darah Baru


Oleh : Zaim Uchrowi

Eksekutif muda itu bertanya-tanya. Di usianya, ia telah mencapai banyak hal yang tak terjangkau oleh kebanyakan orang lainnya. Kariernya berjalan baik. Ekonominya lebih dari sekadar cukup. Keluarganya harmonis. Tak ada hal yang membuatnya khawatir soal diri sendiri. Namun, ia tak dapat menutup mata atas keadaan sekitarnya. Bangsa ini masih terlilit banyak masalah dan belum bangkit dari keterpurukannya. Ketidakprofesionalan, salah urus, hingga ketidakbertanggungjawaban ada di mana-mana. Mengapa itu tak terjadi di Korea Selatan misalnya?

Pertanyaan itu terus melingkar-lingkar di benaknya. Sampai kemudian ia bertemu dengan sejumlah eksekutif Korea. Para eksekutif yang digambarkannya "muda, enerjetik, dan sangat profesional". Mereka inilah yang kini menjadi ujung tombak baru ekspansi Korea dalam bisnis dunia. Kalangan ini pulalah yang kini paling berperan dalam mengelola Korea Selatan sebagai negara. Di hadapan mereka, ia pun bertanya. "Bagaimana Korea Selatan bisa cepat bangkit dari krisis 1998?"

Hingga sekitar tahun 1960-an, keadaan Korea Selatan praktis serupa dengan kita. Kemiskinan ada di mana-mana. Park Chung-hee dengan tangan besi mengubah bangsa itu. Pada satu sisi, ekonomi dan industri memang berkembang pesat. Namun, di sisi lainnya, Park mewariskan kekuasaan yang otoriter dan bahkan kemudian korup seperti yang digambarkan oleh rezim Chun Do-hwan. Pada akhirnya gerakan politik masif juga berhasil mengakhiri kekuasaan rezim lama dari tangan Roh Tae-woo.

Ada beda mendasar perubahan politik di Korea Selatan dengan di Indonesia. Di sini, gerakan Reformasi cuma menurunkan Soeharto sebagai pemimpin tertinggi bangsa, dan mengubah sistem politik menjadi lebih demokratis. Reformasi sama sekali tidak memangkas generasi dengan pola pikir dan pola sikap lamanya. Reformasi bahkan memberi jalan pada tokoh-tokoh lama yang jauh dari profesional dan bahkan sangat feodal untuk memimpin negara hanya karena menggunakan "label demokrasi" yang sebenarnya jauh dari pola pikir dan pola sikapnya sehari-hari. Paradigma lama masih terus berkuasa. Profesionalitas tak berkembang. Korupsi justru menjadi-jadi dengan format baru yang lebih teliti.

Sebaliknya di Korea Selatan. Reformasi benar-benar memangkas pola pikir dan pola sikap lama. Bangsa itu benar-benar melakukan 'potong generasi" yang di sini tak lebih dari sekadar wacana. Para birokrat lama harus menyisih untuk memberi tempat pada generasi baru yang lebih profesional, yang meletakkan kepentingannya sendiri bukan melalui jalan korupsi atau komisi seperti di sini. Penyegaran dilakukan secara serentak. Para profesional mendapat tempat utama untuk mengelola bangsa. Bukan hanya di dunia swasta, melainkan juga di dalam pemerintahan. Hasilnya, Korea Selatan bukan hanya bangkit melainkan bahkan memantapkan diri sebagai salah satu bangsa kelas satu di dunia.

Kita, bangsa Indonesia ini, memerlukan penyegaran di seluruh lini. Di dalam birokrasi, di lembaga-lembaga kunci seperti pendidikan dan kesehatan, bahkan juga di organisasi politik dan organisasi massa. Kita memerlukan pola pikir, pola sikap, dan pola tindak baru. Hal demikian tak mungkin dilakukan tanpa adanya 'darah baru' di setiap level kepemimpinan di seluruh lembaga di negeri ini. Terutama di birokrasi dan lembaga-lembaga yang terkait dengan negara.

Kita, bangsa Indonesia ini, memerlukan Reformasi yang lebih revolusioner. Yakni, reformasi yang lebih mendasar yang menyentuh setiap aspek pengelolaan lembaga dan masyarakat dengan cara yang lebih santun dan cermat. Ini bukan mustahil dilakukan di setiap lembaga di negeri ini. Saya dan teman-teman dari manajemen PT Balai Pustaka (Persero) telah membuktikannya. Dalam waktu kurang dari tiga bulan, kami berhasil melakukan restrukturisasi total baik melalui perumusan visi, misi, dan budaya korporat baru maupun transformasi organisasi.

Darah baru terbukti mampu membangun spirit serta menumbuhkan profesionalitas kerja. Hal demikian dapat diwujudkan di lembaga manapun sehingga bangsa dapat segera bangkit menjadi salah satu bangsa utama di dunia sebagaimana semestinya bangsa yang kuat beragama. Jangan pernah mau lagi menjadi bangsa yang lembek, statis, feodal, dan bahkan korup seperti selama ini. Untuk itu, sekali lagi, seluruh institusi di negeri ini memerlukan darah baru yang dapat membawa pola pikir, pola sikap, dan pola tindak baru yang lebih benar baik menurut kaidah agama maupun profesionalitas.

No comments:

A r s i p