Wednesday, April 16, 2008

Artis Merambah Dunia Politik

Publik figur dari kalangan artis kini sudah merambah ke dunia politik. Bahkan kemenangan artis di sejumlah pemilihan gubernur menjadi fenomena poltik praktis saat ini.

Beberapa kalangan menyebutkan artis hanya bisa melakukan berakting, bergaya hidup jetset, dan berfoya-foya. Namun, paradigma tersebut sedikit demi sedikit berkurang.

Rano Karno, salah satu artis yang menepis paradigma tersebut. Aktor kelahiran Jakarta, 8 Oktober 1960 ini menang di Pemilihan Kabupaten Tangerang. Tidak tanggung-tanggung, saat itu dia dicalonkan 15 partai menyokongnya dan memasangkan Rano dengan Ismet Iskandar. Tak salah memilih akhirnya, pasangan ini gol dan menjadi pasangan Bupati dan Wakil Bupati Tangerang 2008-2013.

Kemenangan Rano ternyata bukan salah satunya artis yang menjajal dunia politik. Sebut saja aktor laga Hollywood Arnold Schwarzeneger yang saat ini menjadi Gubernur California. Selain itu Joseph Estrada yang menjadi Presiden Filipina. Ada juga Ronald Reagan yang menjadi Presiden Amerika di era '80-an.

Kali ini, Yusuf Macan Effendi atau biasa dikenal dengan Dede Yusuf menjajal dunia tersebut. Antusias itu disambut Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Dia pun disandingkan dengan Ahmad Heryawan untuk maju dalam Pilgub Jawa Barat.

Dalam pemilihan Pilgub 13 April 2008 kemarin, pasangan yang awalnya tidak diunggulkan dalam pilgub ini, justru melesat jauh meninggalkan dua calon lainnya. Berdasarkan penghitungan cepat, suara Hade (sebutan Heryawan-Dede Yusuf) meduduki peringkat pertama dari lima lembaga perhitungan independen.

Fenomena artis memimpin bangsa mendapat perhatian Direktur Lembaga Survei Indonesia (LSI) Saiful Mujani. Dia menilai fenomena menggandeng artis dalam pilgub justru akan menguntungkan pasangan itu sendiri.

Dia mencontohkan pasangan Rano Karno yang mendapingi Ismet. Saiful menjelaskan dengan status keartisan yang dimiliki Rano, menjadi kantong suara dalam pilgub hingga terpilih di Kabupaten Tangerang.

Keuntungan lainnya, lanjut Saiful, dengan keartisan yang dimiliki seorang akan memudahkan pasangan tersebut dikenal masyarakat secara luas. Sehingga tidak memerlukan pasangan tersebut mengekspos diri secara berlebihan.

Namun apakah keahlian seorang artis dapat menyelesaikan permasalah yang ada bangsa dan masyarakat secara tuntas? Apakah cukup dengan modal ketenaran semua masalah akan selesai? Jadi kita lihat saja kinerja para artis kita di dunia perpolitikan.
(kem)

No comments:

A r s i p