Sunday, April 6, 2008

Mengapa Gus Dur Tunda Tunjuk Pjs Ketua Umum PKB?

Muhammad Nur Hayid - detikcom

Jakarta - Rapat pleno PKB yang berlangsung Sabtu malam diduga akan menghasilkan nama pejabat sementara Ketua Umum PKB menggantikan Muhaimin Iskandar. Namun ternyata pengumuman Pjs Ketua Umum itu ditunda sampai 29 April 2008. Mengapa Ketua Dewan Syuro PKB Abdurrahman Wahid menundanya?

"Penundaan tersebut karena memberikan kesempatan pada semua Ketua Dewan Tanfidz untuk dipilih dan memilih atas dasar primus interpares," ungkap Ketua DPP PKB Andi M Ramli kepada detikcom, Minggu (6/4/2008).

Menurut Andi, penundaan penetapan Pjs dinilai sebagai upaya Gus Dur memberikan kesempatan pada kader-kader PKB lain menduduki posisi tersebut. Semua letua-ketua DPP tentu berhak diberi kesempatan menduduki jabatan itu sehingga Gus Dur memberikan waktu sampai akhir April untuk mencari yang cocok.

Andi mengakui, Gus Dur memang sempat menyebut nama Ketua DPP PKB Muamir Mu'in Syam sebagai calon Pjs Ketua Umum. Namun, melihat situasi terakhir, Andi melihat Gus Dur dengan cerdas menunda penetapan Pjs itu.

Andi menganalisis, Gus Dur mengetahui bahwa tidak semua kalangan di DPP PKB bisa menerima figur Muamir yang dikenal dekat dengan Sekjen PKB Yenny Wahid itu. Sehingga Gus Dur akan melihat respons politik terakhir sampai 29 April mendatang.

"Memang Gus Dur menyebutkan antara lain nama Muamir dalam rapat, tetapi analisis saya kenapa tidak diputuskan malam itu karena masih adanya penolakan terhadap Muamir," pungkasnya. ( aba / nrl )

No comments:

A r s i p