Saturday, October 20, 2007

Komentar SBY 1

M Qodari, Peneliti di Jakarta

Selama tiga tahun pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono, dilihat dari bidang politik relatif stabil, antara lain terjadi perdamaian di Aceh dan pemilihan kepala daerah pun relatif berjalan lancar.

Dari aspek hubungan internasional juga ada beberapa peran yang dimainkan pemerintah, misalnya Indonesia masuk di Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Meski demikian, ada beberapa kebijakan kontroversi, seperti persetujuan Resolusi PBB pada Iran.

Aspek hukum juga ada perbaikan dibandingkan pemerintahan sebelumnya. Jumlah pejabat publik yang diproses secara hukum dan masuk penjara relatif lebih signifikan. Catatannya, memang masih ada tebang pilih.

Yang masih menjadi persoalan dan relatif belum selesai adalah masalah ekonomi. Pertumbuhan ekonomi belum mencapai seperti yang ditargetkan Yudhoyono dan mencapai angka yang bisa meminimalisasi pengangguran.

Ujung-ujungnya, masalah ekonomi ini juga yang akan menjadi variabel penentu SBY-JK pada Pemilu 2009. Jika kinerja ekonomi membaik, akan menjadi "jalan tol" pada 2009. (sut)

No comments:

A r s i p