Friday, February 22, 2008

Pilkada Jateng




PDI-P Calonkan Bibit Waluyo
Jumat, 22 Februari 2008 | 02:24 WIB

Semarang, Kompas - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDI-P memutuskan mencalonkan Bibit Waluyo, mantan Panglima Kodam IV/Diponegoro, dan Rustriningsih (Bupati Kebumen) sebagai gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah pada pemilihan kepala daerah atau pilkada, 22 Juni 2008. Dengan putusan itu, berarti Gubernur Jateng Ali Mufiz tak akan mengikuti pilkada karena partai lain sudah mengumumkan calonnya.

Empat pasangan lain yang pasti maju dalam Pilkada Jateng adalah Bambang Sadono-HM Adnan yang dicalonkan Partai Golkar, Agus Soeyitno-Kholiq Arif yang diajukan Partai Kebangkitan Bangsa, Sukawi Sutarip-Sudharto yang dicalonkan Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera, serta HM Tamzil-Rozaq Rais diajukan Partai Persatuan Pembangunan dan Partai Amanat Nasional.

Pencalonan Bibit-Rustriningsih diputuskan dalam rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri di Jakarta, Kamis (21/2). Sekretaris Jenderal PDI-P Pramono Anung Wibowo menyatakan, Bibit dipilih karena hasil survei internal yang dilaksanakan tiga kali menempatkan dia di atas calon lain, termasuk Ali Mufiz.

Selain itu, secara ideologis, sikap politik Bibit dianggap sesuai dengan PDI-P. ”Kepemimpinan Pak Bibit yang berlatar belakang militer juga cocok untuk memimpin Jateng,” kata Pramono. Sedangkan Rustriningsih selain sebagai kader PDI-P, juga pengalamannya cukup lama di birokrasi.

Ali Mufiz yang sempat menjadi bakal calon favorit untuk diajukan PDI-P, Kamis, mengaku tidak terkejut dengan keputusan PDI-P. ”Alhamdulillah kalau benar rekomendasi PDI-P tak diberikan kepada saya. Saya legowo,” ujarnya. (WHO/EGI/BUR)

No comments:

A r s i p