Monday, August 20, 2007

china


Sudah 4.866 Koruptor Ditangkap

Beijing, minggu - Hingga Agustus 2007, sebanyak 4.866 pejabat korup di China telah ditangkap dan dijatuhi hukuman. Mereka terbukti menggelapkan dana publik.

Kantor berita Xinhua, Minggu (19/8), melaporkan, anggota Partai Komunis dan pejabat pemerintah berfoya-foya dengan pesta pora, tur ke luar negeri, mobil mewah, dan hiburan lainnya, menggunakan dana milik rakyat.

Semua pejabat korup itu ditangkap dalam upaya pemberantasan korupsi yang diadakan bersama oleh sejumlah departemen pemerintah. Korupsi di kalangan pejabat di China merajalela dan memicu kemarahan besar di kalangan masyarakat banyak.

Tidak ada keterangan detail tentang hukuman yang dijatuhkan kepada pejabat korup di China. Kasus terakhir yang mencuat adalah pemalsuan undangan resmi kunjungan ke Finlandia oleh seorang pejabat supaya dia bisa bepergian ke luar negeri dengan biaya ditanggung rakyat. Pejabat itu kemudian diturunkan dari jabatannya.

Kasus korupsi lain melibatkan seorang mantan pejabat partai di Shanghai, Chen Liangyu, yang saat ini dipenjara sambil menunggu pengadilan atas tuduhan menerima suap senilai 1,25 miliar dollar AS, yang juga menyeret 20 mantan pejabat dan pengusaha. Dia juga dituduh menyalahgunakan kekuasaan. Sebelumnya, pada Juli lalu, China mengeksekusi mantan kepala pengawasan obat dan makanan, Zheng Xiaoyu, karena terbukti korupsi.

Presiden Hu Jintao pernah mengatakan, pejabat korup menimbulkan ancaman sangat besar bagi pemerintahan Partai Komunis. (afp/fro)

No comments:

A r s i p