Friday, August 17, 2007

Pesimisme Semakin Meluas


Sudah tumbuh pula pesimisme publik atas kemampuan pemerintahan SBY-JK dalam menangani masalah ekonomi di kemudian hari. Lebih dari 50% publik meyakini SBY-JK tak mampu menangani masalah kemiskinan dan pengangguran setahun ke depan. Rasa pesimisme ini meluas di segmen pemilih kota ataupun desa. Pesimisme juga meluas di kalangan pemilih partai pendukung pemerintah, bahkan di kalangan pemilih Partai Demokrat sekalipun. Pesimisme ini dapat menjadi spirit negatif dan virus yang berbahaya bagi dukungan publik atas kebijakan ekonomi SBY-JK

Demikianlah salah satu cuplikan temuan dan rekomendasi survei nasional Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Survei ini dikerjakan di 33 propinsi, dengan jumlah responden 1200, dan margin of error 2.9%. Data diambil di lapangan pada bulan Febuari 2007 dan dianalisis di bulan Maret- April 2007. Metode penelitian dilakukan menggunakan multi stage random sampling, dengan wawancara tatap muka.

Q: Dalam satu tahun ke depan, apakah menurut Ibu/Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mampu menyelesaikan masalah?
Q: Dalam satu tahun ke depan, apakah menurut Ibu/Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mampu menyelesaikan masalah?

Survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI ) ini juga menunjukkan penilaian masyarakat atas kerja Pemerintahan SBY-JK. Rapor biru hanya di kinerja bidang keamanan saja. Rapor biru diberikan untuk tingkat kepuasan di atas 50%. Di bidang keamanan, SBY-JK memang mencatat sucsess story yang bahkan dicatat dunia internasional. Masalah Aceh selesai setelah lebih dari 30 tahun berada dalam konflik bersenjata.

Namun di luar bidang keamanan, semua bidang mendapatkan rapor merah (kepuasan di bawah 50%). Yang paling parah adalah kinerja di bidang ekonomi. Publik yang puas di bidang ekonomi hanya bawah 30%. Ini adalah titik terendah atas kepuasan kinerja bidang ekonomi selama dua setengah tahun pemerintah SBY-JK. Rendahnya tingkat kepuasaan ini terkait dengan masalah kemiskinan dan pengangguran yang tak kunjung terpecahkan.

Q: Sejauh ini  Ibu/Bapak sangat puas, puas, tidak puas, atau sangat tidak puas dengan kerja presiden SBY dalam menangani masalah?
Q: Sejauh ini Ibu/Bapak sangat puas, puas, tidak puas, atau sangat tidak puas dengan kerja presiden SBY dalam menangani masalah?

No comments:

A r s i p