Thursday, May 24, 2007

Apa Yang Dihasilkan Orde Reformasi?

Niat pemerintah untuk memberantas korupsi memang harus dan wajib kita dukung dengan kesungguhan hati serta kerja keras tanpa pamrih. Pemberantasan korupsi harus dimulai dari atas ke bawah tanpa tebang pilih. Namun, ternyata, Orde Reformasi yang telah berumur 9 tahun belum mampu menuntaskannya.

Kaum birokrat kian tebal menerima dana tidak wajar, yang susah ditelusuri asal-muasalnya. Bahkan, gaya hidup mereka kian eksklusif, mewah, hedonis, serta kerap pamer kemewahan di mata wong cilik.

Gaya hidup birokrat itu cukup mapan, terpelajar, serta menterang, meskipun dilihat dari gaji riilnya tidak pas, bahkan amat tidak mungkin untuk menikmati fasilitas mewah. Sehebat-hebatnya bupati, misalnya, mana bisa dia memiliki tiga mobil sport mewah dan rumah mirip vila di kawasan elite? Atau sehebat-hebatnya seorang gubernur, mana bisa mempunyai helikopter dan pesawat pribadi serta rumah supermewah?

Bagaimana bisa anggota DPR yang awalnya sederhana tiba-tiba mempunyai rumah mewah dan mobil mewah? Sehebat-hebatnya jabatan polisi, kok bisa perwira tinggi polisi mempunyai banyak rumah di daerah elite?


WISNU WIDJAJA, Jl Sindoro I No16 , Kalibuntu Panggung, Tegal

No comments:

A r s i p