Monday, May 28, 2007

Kepartaian
Partai Baru Terus Bermunculan

Jakarta, Kompas - Di tengah kuatnya wacana penyederhanaan jumlah partai politik pada Pemilihan Umum 2009 dan sudah ada 52 parpol yang terdaftar di Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia pada awal Mei 2007, parpol baru terus muncul. Minggu (27/5), misalnya, kembali dideklarasikan satu parpol baru, yaitu Partai Pemuda Indonesia atau PPI.

PPI yang memilih warna dasar oranye ini dipimpin Hasanuddin Yusuf yang juga Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI). Seusai deklarasi partai di Tugu Proklamasi, Jakarta, ia menegaskan, PPI tidak berkaitan dengan KNPI.

"KNPI tetap menjadi tempat bernaung sejumlah organisasi kepemudaan. Saya tidak akan membicarakan PPI di KNPI atau sebaliknya. Ini tidak akan menjadi masalah buat KNPI. Sebab, di KNPI sekarang juga sudah ada sejumlah kader partai politik lain dan itu tidak jadi persoalan," papar Hasanuddin.

Menurut catatan Kompas, sejumlah kader politik memang menjadi pengurus DPP KNPI periode 2005-2008. Mereka, antara lain, Rama Pratama dari Partai Keadilan Sejahtera yang menjadi Ketua Bidang Hukum dan HAM. Sedangkan putri Ketua DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri, yaitu Puan Maharani, menjadi Wakil Sekjen Bidang Luar Negeri.

Dalam deklarasi yang dihadiri sekitar 750 orang itu, Hasanuddin menuturkan, PPI telah memiliki cabang di 28 provinsi.

Kegiatan partai lain

Sementara itu, kegiatan partai juga semakin tampak di berbagai kesempatan. Kemarin tim medis Partai Demokrasi Pembaruan yang dipimpin Susilo mengadakan pengobatan umum gratis dan khitanan massal di Tegal, Jawa Tengah. Sebelumnya tim ini juga mengadakan kunjungan ke tempat penampungan pengungsi semburan lumpur di Sidoarjo, Jawa Timur.

Sedangkan Partai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang dipimpin Sys NS, Senin ini, akan meresmikan dewan pimpinan daerah NKRI Provinsi Maluku di Ambon.

Hari ini DPP Partai Hati Nurani Rakyat yang dipimpin Wiranto juga mengadakan rapat koordinasi nasional para ketua, sekretaris, dan tenaga komputer dewan pimpinan daerah seluruh Indonesia di Jakarta.

Ketua Umum Partai Pelopor Eko Suryo Santjojo kemarin juga mengatakan, para pemimpin partainya kini dua kali seminggu rutin mengadakan rapat untuk konsolidasi ke dalam menghadapi Pemilihan Umum 2009. (NWO/OSD)

No comments:

A r s i p